Rabu, 10 September 2014

Apple Perkenalkan Dua iPhone Baru: iPhone 6 & iPhone 6 Plus

HOME SURABAYA,-

Satu hal yang semakin berubah dari Apple adalah semakin mudahnya produk mereka bocor ke pasaran sebelum diumumkan. Saya tidak tahu pasti apakah ini disengaja atau memang mereka sudah tidak peduli lagi dengan yang namanya kejutan. Pengumuman hari ini oleh Apple juga lebih kepada peneguhan saja karena sesuai dengan bocoran yang telah banyak beredar Apple akhirnya merilis dua generasi iPhone baru yaitu iPhone 6 dan juga iPhone 6 Plus.
iPhone 6 memiliki ukuran layar sebesar 4,7 inch sedangkan iPhone 6 Plus memiliki ukuran layar 5,5 inch. Keduanya memiliki perbedaan fitur namun sebelumnya mari kita lihat spesifikasi yang dimiliki kedua iPhone 6 ini:
  • Processor: Apple A8, Dual Core 1.4 GHz 64Bit
  • Memory: 1GB*
  • GPU: Belum dijelaskan namun memiliki 50% peningkatan performa dibanding generasi iPhone 5s.
  • Camera: Belakang 8 MP, 3264 x 2448 pixels. Depan 2,1 MP
  • Operating System: iOS 8
  • Layar: Kaca kristal anti pecah*
*Belum ada konfirmasi resmi dari Apple
Lalu apa yang membedakan kedua iPhone ini? Sejauh yang saya ikuti melalui liveblog (karena live streaming nampaknya bermasalah) ada tiga hal utama yang berbeda. Yang pertama adalah resolusi layar. iPhone 6 akan memiliki resolusi 750 x 1334 piksel dengan kerapatan 326 PPI (setara dengan iPhone 5S) sedangkan iPhone 6s akan memiliki resolusi 1080 x 1920 piksel (HD) dengan kerapatan 401 PPI, sesuatu yang sudah umum sebenarnya untuk smartphone kelas atas Android. Namun saya tidak bisa memungkiri bahwa dengan desain dan material yang digunakan oleh iPhone, ketajaman layar ini akan semakin bersinar melebihi para kompetitornya.
iPhone 6 Back Camera
Perbedaan kedua adalah teknologi image stabilization. Ketika kamu mengambil foto dan tangan kamu bergetar maka iPhone 6 akan mencoba untuk menangkap gambar yang jelas sehingga tidak blur, namun ini akan dilakukan secara digital lewat logaritma. iPhone 6 Plus akan menggunakan Optical Image Stabilization yang lebih menggunakan pergerakan hardware untuk mengimbangi gambar yang blur, sehingga hasil gambar lebih jelas.
Yang terakhir adalah baterai yang lebih besar sehingga waktu standby lebih lama. Sebagai perbandingan untuk kegiatan menonton video, iPhone 5s dapat digunakan selama 10 jam, iPhone 6 dapat digunakan selama 11 jam, dan iPhone 6 Plus dapat digunakan selama 14 jam.
iPhone 6 Battery Life
Saya tahu bahwa spesifikasi di atas mungkin tidak terlihat mewah dan bahkan smartphone Android dengan harga 3 juta sudah lebih cepat di atas kertas. Tapi begitulah Apple, angka-angka tidak pernah menjadi masalah, hal-hal seperti navigasi yang lancar dan game super berat bisa dikatakan dapat berjalan dengan lancar bahkan dengan RAM yang hanya sebesar 1GB. Untuk Apple, it just work.
Namun dibalik angka spesifikasi yang kecil ini terdapat inovasi yang lagi-lagi menetapkan standar baru dalam industri smartphone. Sebagai contoh sustained performance yang merupakan teknik terbaru Apple dalam menjaga performa tetap stabil seiring waktu dan tidak menghasilkan panas. Dalam hal kamera juga Apple masih mempertahankan 8MP (yang sebenarnya cukup untuk keperluan cetak sehari-hari, ingat MP tidak sama dengan kualitas gambar) namun mengganti sensor kamera dengan sensor yang lebih baik lagi sehingga dapat menghasilkan kualitas foto yang bagus.
Kamera depan juga ‘hanya’ menggunakan 1,2 MP namun sekarang dapat menerima 81% cahaya lebih banyak, ini berarti gambar akan semakin terang dan penuh dengan detail. Selain itu kamu juga dapat merekam video dalam gerakan lambat sampai 240 frame per detik, untuk ukuran smartphone ini adalah sesuatu yang cukup radikal.
Jadi daripada menambah RAM, menggandakan kecepatan processor, atau membuat kamera dengan 41 MP, Apple lebih memilih untuk fokus kepada hal-hal kecil yang berguna dan digunakan dalam sehari-hari. Hal ini lah yang saya suka dari Apple sejak dulu, namunnnnnnnn saya sedikit memiliki masalah dengan RAM yang sebesar 1 GB. Dengan RAM 1GB saya dapat melibas game 3D apapun dengan mudah di iPad Air bahkan jauh lebih baik dari Android dengan kecepatan 2x lipat dan RAM 3GB sekalipun. Tapi ketika melakukan browsing ceritanya menjadi sangat berbeda, membuka forum yang berisikan banyak gambar bandwidth killer (seperti ulasan kamera dengan puluhan hasil jepretan) bisa menjadi mimpi buruk.
Jika kamu membuka 1 tab yang bandwidth killer kemudian membuka 1 tab lagi untuk sekedar cek email maka ketika kembali ke tab awal kamu harus load ulang kembali seluruh kontennya. Ini disinyalir karena kekurangan RAM dan ini terjadi hampir setiap hari ketika saya menggunakan iPad Air. Jika ini juga terjadi di iPhone 6 maka oh boy … saya akan sangat kesal.
Belum ada kabar harga versi unlocked sehingga saya tidak bisa memastikan secara tepat, namun iPhone 6 akan dijual mulai dari harga $199 untuk iPhone 6 (sekitar Rp 2.350.000 ) dan $299 untuk iPhone 6 Plus (sekitar Rp 3.530.000) dengan dua tahun kontrak. Dengan menggunakan perbandingan harga iPhone 5s tahun lalu maka kemungkinan besar harga iPhone 6 (16 GB) akan berkisar $649 dan iPhone 6 Plus (16 GB) berkisar $749. Sekali lagi ini hanyalah perkiraan saya saja. Saya tidak menyertakan rupiah karena setelah masuk Indonesia harganya akan bertambah lagi.
iPhone 6 Pricing
iPhone akan mulai dijual pada tanggal 19 September nanti dan Apple menjanjikan bahwa sebelum akhir tahun ini sebanyak 115 negara akan kebagian. Apakah Indonesia termasuk ke dalam 115 negara tersebut? Kemungkinan besar iya, tapi saya tidak berani bertaruh juga :D.

RUBI ALFA,-HOME SURABAYA,-

1 komentar:

Wihh tambah bagus aja gan iPhone nya :D

Posting Komentar

Silahkan kalian berkomentar,namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam .
Untuk yang tidak mempunyai akun apapun,anda bisa gunakan Anonim (✿◠‿◠)...
Untuk membalas komentar/reply akan keluar Pop Up, jangan hapus kode yang ada di kotak komentar
\\▼▼▼| |▼▼▼| |▼▼▼| |▼▼▼| |▼▼▼| |▼▼▼| |▼▼▼//